Pilih Sekolah SMA atau SMK untuk sukses?

Pilih Sekolah SMA atau SMK untuk sukses?_ pastinya salah satu tujuan dari kita melanjutkan pendidikan di bangku SMA atau SMK adalah agar bisa menambah wawasan, kompetensi dan skill agar nantinya bisa mewujudkan impian dan menjadi kebanggan keluarga.



Adapun saat ini jika memasukan jenjang sekolah menengah atas, maka ada tiga pilihan yakni SMA, SMK atau MAN. Namun dalam tulisan kali ini kita akan membahas peluang sekolah SMA dan SMK. Yang manakah lebih baik sekolah SMA atau SMK! Dalam tulisan ini mimin atau admin ingin berbagi persfektif tentang SMA dan SMK mana yang lebih menjanjikan untuk sukses.

Pilih Sekolah SMA atau SMK untuk sukses

1. Pengetahuan yang diajarkan
Jadi ada perbedaan yang cukup signifikan antara sekolah SMA dan SMK, dimana jika kalian memilih sekolah SMA, maka materi/pelajaran yang akan kalian pelajari lebih bersifat umum/general.

Sedangkan jika memilih sekolah SMK maka kalian akan mempelajari materi pelajaran yang lebih spesifik, sesuai jurusan yang kalian pilih sehingga kalian bisa lebih expert pada skill atau kompetensi tertentu, yang nantinya bisa jadi bekal dalam dunia kerja.

2. Konsep pembelajaran
Jika berbicara tentang konsep pembelajaran, maka SMA yang notabene belajar tentang pengetahuan umun, maka dalam proses pembelajaran lebih bersifat teori adapun jika dilakukan suatu praktif atau demonstrasi, waktu yang dugunakan cukup terbatas. 

Sedangkan SMK lebih kepada pembelajaran yang menggunakan pendekatan praktikum, misalnya saja praktik lapangan berbulan-bulan di instansi atau perusahaan sesuai dengan jurusan yang dipilih, sehingga tidak hanya teori tapi praktik juga dimaksilkan sehingga pengetahuan lebih holistik.

3. Peluang Kerja
Berbicara peluang kerja antara SMA dan SMK sebenarnya semuanya memiliki peluang kerja, tapi lulusan SMK memang dipersiapkan untuk bekerja setelah lulus sekolah dan juga bisa melanjutkan studi dibangku kuliah. Dengan pengetahuan yang dipelajari yang lebih spesifik dan terfokus pada keterampilan tertentu, maka lulusan SMK memang lulusan siap kerja.

Namun antara lulusan SMA dan SMK sama-sama bisa mendapatkan perkerjaan, karena pekerjaan bisa didapatkan dengan kerja keras dan keberuntungan.

0 Response to "Pilih Sekolah SMA atau SMK untuk sukses?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close