7 Kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjadi orang kaya

Kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjadi orang kaya_ mungkin kita sepakat bahwasanya sebagian orang punya impian untuk menjadi orang kaya. Walaupun ada istilah uang bukan segalanya, akan tetapi realita saat ini mengatakan bahwa banyak hal yang bisa diselesaikan dengan uang.

Definisi kaya bagi sebagian orang bisa jadi berbeda. ada yang merasa kaya karena masih memiliki tubuh yang sehat, ada yang merasa kaya karena diberikan hati yang tenang sehingga mampu mensyukuri apapun yang dimilikinya dan tidak sedikit yang merasa kaya karena materi yang dimiliki misalnya memiliki uang yang banyak, tanah yang luas rumah yang mewah dan kendaraan yang banyak. 

Tolak ukur untuk menjadi orang kaya bukalah kepintaran karena ada sebagian orang yang secara akademik pintar namun hidupnya terlihat pasti sederhana. tolok ukur untuk menjadi orang kaya bukan pula dari kerja keras, karena kita ambil contoh kuli bangunan yang kerjanya tiap hari juga bisa dikatakan hidupnya mungkin pas pasang atau bisa dikatakan berkecukupan, berdasarkan perkataan orang bijak bahwasanya kesuksesan dan kekayaan adalah bertemunya antara variabel kesiapan dan kesempatan. Ada yang punya kesiapan namun tidak punya kesempatan yang ada punya kesempatan namun tidak punya kesiapan. 

Lantas kebiasaan apa yang bisa kita coba aktualisasikan supaya kekayaan materi dan spiritual bisa ada dalam diri kita berikut beberapa tips menurut Mimin. 

1. Rajin bersedekah 
jika ada sebuah pepatah yang cukup masyhur yang berbunyi "hemat pangkal kaya "dalam Islam sendiri justru mengajarkan untuk melakukan hal yang sebaliknya. Dalamjustru menganjurkan kita untuk banyak-banyak bersedekah karena dengan bersedekah akan membuka pintu-pintu rezeki. 

Jika dianalogikan pepatah hemat pangkal kaya sebenarnya memang kurang logis, misalnya saya kalian memiliki sumur dan ternyata sumur tersebut tidak pernah dikuras airnya bahkan terus ditambah maka sumur itu lama-kelamaan akan menjadi busuk airnya karena tidak ada regenerasi atau pergantian air, jadi mungkin kalian pernah merasakan ketika kalian fokus untuk berhemat justru kehidupan menjadi semakin sempit dan sebaliknya ketika kalian rajin bersedekah berbagi dengan orang yang membutuhkan jalan-jalan rezeki semakin terbuka lebar. Maka dari itu rajin bersedekah adalah salah satu landasan filosofi untuk menjadi orang kaya.

2. Rajin belajar 
Saat ini kita menemukan ironi dalam kehidupan banyak orang yang ingin menjadi kaya namun dengan cara-cara yang instan. Padahal segala sesuatu butuh proses termasuk untuk menjadi pribadi yang kaya raya secara materi dan spiritual. 

Ada ungkapan dalam Islam yang cukup menarik yakni jika kalian menginginkan dunia maka raihlah dengan ilmu, jika kalian menginginkan akhirat maka raihlah pula dengan ilmu dan jika menginginkan keduanya maka raihlah dengan ilmu. 

artinya belajar adalah kunci untuk merek kesuksesan baik kesuksesan secara materi dan syarat spiritual. Jika kita perhatikan dalam Islam ayat pertama yang turun adalah iqra yang artinya bacalah dalam beberapa pendapat ulama iqra ini mengarahkan kita untuk membaca belajar dan mentadakburih segala sesuatu yang ada di semesta agar kita menjadi pribadi yang kompeten menjadi pribadi yang hebat yang sukses. 

jika kita hubungkan dengan era digital seperti saat ini maka ada banyak skill-skill yang penting untuk dipelajari untuk menunjang kesuksesan misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer pemahaman dengan konsep bisnis dan soft skill lainnya.

3. Memperbanyak relasi atau rekan 
dalam Islam sendiri mengajarkan kita bahwasanya salah satu sumber rezeki dan bisa menjadi pintu kekayaan bagi kita adalah dengan memperbanyak silaturahmi kepada sesama baik kepada keluarga tetangga dan masyarakat. 

Jika kita mencoba berpikir rasionalmemang benar adanya bahwasanya semakin banyak teman semakin banyak peluang-peluang untuk mendapatkan rezeki. Karena bisa jadi diantar teman kita ada yang memiliki perusahaan dan membutuhkan karyawan sehingga kita bisa mendapat peluang kerja bekerja di perusahaan tersebut,tersebut kita bisa mendapatkan pekerjaan. 

Namun orang bijak berkata berteman dengan siapa saja boleh namun bergaulah dengan orang yang memiliki integritas, karena orang yang sering kita ajak bergaul akan sangat mempengaruhi paradigma berpikir kita, sehingga jika ingin jadi orang sukses maka banyak-banyaklah cari teman orang yang sukses supaya bisa tertular kesuksesannya kepada kalian. 

4. Membuka diri 
membuka diri bukan berarti menerima segala sesuatu tanpa kita filter. dalam konsep open self kita diajarkan untuk tidak menjadi pribadi yang tertutup namun diajarkan untuk menjadi pribadi yang bermasyarakat dan bermanfaat 

jangan berpikir untuk menjadi orang yang eksklusif di tengah lingkungan-lingkungan yang bersifat inklusif. Membuka diri bukan berarti hanya dimaknai dengan mau berteman dengan siapa saja, akan tetapi membuka diri di sini memiliki makna bahwasanya kita mau bersiap atau bersedia menerima segala perubahan dan keadaan, mau menerima masukan sarang bahkan kritikan dari orang lain adalah salah satu bentuk definisi dari membuka diri. Jadilah pribadi yang berpikir dinamis dan jangan jadi pribadi yang stagnan 

5. Rajin bangun subuh 
Dalam beberapa riset bahwasanya orang yang rajin bangun subuh memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses. Jika kita mau berpikir logis memang benar adanya karena orang yang bangun subuh itu memiliki durasi waktu yang lebih panjang dengan orang yang malas bangun pagi bahkan hanya bangun kalau sudah siang hari. 

Orang yang rajin bangun subuh biasanya akan melakukan banyak hal mulai dari pagi sampai siang dan sudah banyak hal yang bisa dikerjakan dan diselesaikan, termasuk dalam merencanakan bisnis atau usaha atau belajar berbagai keterampilan sehingga change untuk sukses lebih besar 

Persentase kesuksesan orang yang bangun subuh akan semakin bertambah jikalau misalnya di subuh harinya mereka rutin melaksanakan salat subuh, tadarus AlQuran sedekah subuh maka peluang untuk sukses semakin terbuka lebar. 

6. Berhenti bermalas-malasan 
Saat ini kita dihadapkan di era digital yang terbuka lebar informasi, di mana hanya melalui smartphone kita bisa mengakses berbagai hal mulai dari berita video dan lain-lainnya yang bisa membuat kita menghabiskan waktu berjam-jam. 

Padahal jika kita mencoba konveksi waktu yang kita habiskan dengan scroll sosial mediamembuat peluang kesuksesan kita semakin besar. 

Jadi kita harus tatakan pada diri kita sendiri untuk mulai saat ini tidak boleh malas-malasan. karena ada sebuah ucapan praktis make perfect.

7. Menjadi manusia yang bermanfaat 
Albert Einstein pernah berkata kesuksesan seseorang bukanlah tentang apa yang berhasil diraih tapi tentang seberapa banyak manfaat yang bisa diberikan kepada sesama. 

Maka dari itu salah satu kiat ya bisa kalian coba terapkan untuk bisa menjadi orang sukses dan kaya raya adalah pertama-tama menjadi manusia yang bermanfaat karena orang-orang atau manusia yang bermanfaat akan disenangi oleh orang lain dan bisa memunculkan vibrasi positif dalam dirinya


0 Response to "7 Kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjadi orang kaya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close