5 Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati

Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati_ Dosen adalah sebutan bagi pengajar yang mengajar di perguruan tinggi atau di kampus. Dosen bisa dikategorikan menjadi dua berdasarkan instansi mengajar, yakni dosen swasta dan dosen PNS. Antara dosen PNS dan dosen swasta masing-masing memiliki kelebihan.

Source: https://www.freepik.com/
Bukan rahasia lagi, bahwasanya banyak orang yang memiliki cita-cita atau impian untuk menjadi dosen! Memangnya apa saja kelebihan profesi dosen, sehingga profesi tersebut cukup diminati. Berikut Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati

Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati

1. Pendapatan yang lumayan tinggi

Berapa gaji dosen? Untuk gaji dosen cukup bervariasi, namun jika dosen tersebut berstatus PNS maka gajinya sama dengan gaji PNS di intansi lainnya, akan tetapi jika dosen tersebut dosen swasta maka gajinya bervariasi, misalnya jika kampus tempat mengajarnya kampus elite dan kenamaan, maka gajinya bisa lebih tinggi dari gaji dosen PNS. Sebaliknya jika dosen tersebut bekerja di kampus swasta kecil maka gajinya mungkin lebih kecil dari dosen PNS.

Dan kenapa gaji dosen lumayan tinggi, karena dosen juga bisa mendapatkan gaji sertifikasi, yang gajinya setara gaji pokok. Dan ada banyak tunjangan lainnya yang bisa didapatkan mislanya tunjangan anak, istri, beras dan berbagai tujangan lainnya. Selain itu semakin tinggi jabatan fungsional dan pangkat seorang dosen maka gajinya akan semakin tinggi.

2. Status Sosial yang tinggi Masyarakat

Jika berbicara tentang profesi yang lumayan mendapatkan penghargaan tinggi di tengah masyarakat atau status sosial yang tinggi maka salah satunya adalah profesi dosen. Status sosial yang tinggi di tengah masyarakat berkat keilmuan yang dimiliki.

Selain itu karena dosen mengajar di kampus atau perguruan tinggi, maka hal tersebut mungkin yang membedakan status sosial dosen dengan guru yang mengajar di SD, SMP dan SMA.

3. Bisa Mengajar di beberapa kampus.

Dosen yang memang memiliki kapasitas, kapabilitas serta pengalaman yang banyak, biasanya bisa mengajar di beberapa kampus, walaupun sebenarnya dia tercatat sebagai dosen aktif di salah satu kampus, namun karena kapasitas keilmuan yang dimiliki, maka kampu lainnya juga berminat untuk memberikan mata kuliah.

Dengan mengajar di berbagai kampus, maka selain bisa mendapatkan gaji tambahan, juga bisa menambah relasi serta pengalaman.

4. Sering dilibatkan dalam program/kegiatan pemerintah

Dosen bukan hanya fokus mengajar di kampus, akan tetapi dosen yang memiliki relasi, dan komptensi juga Sering dilibatkan dalam program/kegiatan pemerintah. Misalnya dalam merumuskan berbagai kebijakan pemerintah.

Berdasarkan informasi dosen yang diundang dalam kegiatan yang berhubungan dalam penentuan kebijakan pemerintahan akan juga diberikan fee, sehingga bisa menambah pundi-pundi penghasilan dosen yang bersangkutan.

5. Jam Mengajar yang tidak padat

Jadi perlu kalian ketahui jikalau jam mengajar dosen di kampus tidak sepadat jam mengajar guru SD dimana mereka mengajar di hari senin sampai sabtu. Akan tetapi dosen biasanya beban SKS hanya 12 SKS yang artinya dalam seminggu hanya mengajar beberapa kali.

mengapa jam mengajar dosen tidak sepadat guru SD atau guru SMP dan SMA? karena dosen punya tridarma perguruan tinggi. artinya tugas dosen bukan hanya mengajar, akan tetapi mengabdi dan meneliti.

Demikian artikel tentang "Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati", semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya.

0 Response to "5 Alasan Profesi Dosen Banyak Diminati"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close